Sabtu, 01 Februari 2014

Posted by Unknown On 00.20
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Yang telah memberi nikmat dan karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul bersama-sama pada hari ini.
Bapak-ibu guru yang saya hormati dan teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan. Pada hari ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah”.
Seperti yang teman-teman ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dan beraktivitas dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah dengan menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal kecil, tetapi kita sangat sulit atau terkadang memang
tidak mau untuk melakukannya. Contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya.
Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah seperti bungkus permen yang masih berserakkan. Padahal jumlah tempat sampah di sekolah sudah memadai. Sampah –sampah seperti bungkus permen biasanya banyak ditemukan di kelas-kelas. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita. Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolahan.
Dan biasakan ketika membuang sampah, pilahlah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke dalam tempat sampah. Jenis sampah dibedakan menjadi 2, yaitu: sampah organik atau sampah basah. Yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk. Contoh : sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur. Lalu jenis sampah yang kedua yaitu sampah sampah anorganik atau sampah kering. Yaitu sampah tidak bisa membusuk dan sulit terurai. Contoh : kertas, kardus, plastic, tekstil, karet, kaca, dan lain-lain.
Tetapi pada akhirnya kadang-kadang kita tidak memperhatikan apakah itu sampah organik atau anorganik. Pasti yang terlintas di benak kita ketika membuang sampah adalah tidak penting memilah-milah jenis sampah, yang penting membuang sampah pada tempatnya. Padahal dengan memilah-miah sampah kita juga bisa sekaligus membantu seseorang yaitu seorang pemulung. Karena sampah yang sering dicari pemulung yaitu sampah anorganik. Jadi jika sampah telah terpisah antara organic dan anorganik kita bisa sekaligus beramal kepada seseorang. Selain itu pemilahahn jenis sampah ini juga membantu proses daur ulang.
Daur ulang sangat bermanfaat bagi kita. Salah satu manfaatnya yaitu berhemat. Mengapa dengan daur ulang kita bisa berhemat? Ya, karena dengan menggunakan barang daur ulang, kita bisa berhemat daripada harus beli yang baru. Ada juga manfaat yang lain yaitu Mengurangi polusi. manfaat daur ulang dapat membantu dalam mencegah pemanasan global.
Dengan meminimalkan energi yang dihabiskan untuk produksi industri, hal itu juga membantu dalam mengurangi emisi gas rumah kaca. Beberapa bahan bakar yang digunakan di sebagian besar industri termasuk batubara, diesel, dan solar. Semua ini memancarkan gas berbahaya seperti metana, sulfur dioksida, dan karbondioksida ke udara.
Pengolahan bahan mentah yang masih baru juga menimbulkan bahan beracun yang dapat mencemari lingkungan. Dengan mengurangi energi yang digunakan, juga akan meminimalkan jumlah pemakaian bahan bakar yang akan mengurangi jumlah polutan berbahaya pada lingkungan.
Keluar dari hal-hal tersebut, ternyata kebersihan lingkungan sangat berpengaruh pada kesehatan dan kenyamanan belajar kita. Dengan lingkungan yang bersih, kita akan terhindar dari penyakit-penyakit seperti batuk, bersin-bersin, dan lain-lain. Kita juga bisa nyaman dalam belajar seperti di sekolah jika lingkungan di sekitar kita bersih. Juga membuat kita lebih berkonsentrasi. Jika lingkungan di sekitar kita tidak bersih, maka kita akan sulit berkonsentrasi dalam belajar karena biasanya akan membuat kita sering batuk-batuk karena debu sehingga kita sampai tidak menghiraukan pelajaran.
Oleh sebab itu, jaga agar lingkungan kita tetap bersih karena kebersihan lingkungan sangat berpengaruh pada kehidepan kita.
Sebagai penutup, saya ingin menyampaikan bahwa Kebersihan adalah sebagian dari iman. Dengan ini saya berharap kita lebih peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersiahan.
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih


Wassalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh

0 komentar:

Posting Komentar