Jumat, 14 Februari 2014

Posted by Unknown On 00.15
BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
                   Dalam, bab Suami Penulis memaparkan sub bab-sub bab yaitu ( 1) pergaulan pengertian, (2) tujuan pergaulan * Bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang , (3) MANFAAT pergaulan * Bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang , (4) hubungan pergaulan Artikel Baru perilaku, ( 5) perubahan perilaku Siswa KARENA pengaruh pergaulan, (6) dampak pergaulan * Bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang , (7) Cara mengatasi dampak yang negatif pergaulan, (8) Hasil angket tentang pengaruh pergaulan terhadap perilaku Siswa SMPN 20 Malang .


2.1        Pengertian Pergaulan
Pergaulan adalah Interaksi kitd Artikel Baru Dunia Sekitarnya, Artikel Baru Cara APA, Artikel Baru siapa, di mana, melalui Media APA Dan Kapan. Jawaban terhadap Ke 5 Hal Yang INILAH memberi predikat PADA pergaulan kitd apakah pergaulan kitd inisial positif atau yang negatif.
Pergaulan berasal Bahasa Dari kata gaul. Pergaulan ITU Sendiri maksudnya Kehidupan sehari-aceh Dalam, persahabatan atau bermasyarakat.Namun regular tidak demikian dikalangan kebanyakan Remaja SAAT inisial. Gaul MENURUT pada dimensi Remaja-Remaja Yang katanya modern yang tren ITU adalah Ikut Dalam,, modus, Dan Hal Yang behubungan berbaring Artikel Baru keglamoran Hidup. Harus masuk kedalam geng-geng, sering pergi diberbagai TEMPAT seperti mall , TEMPAT wisata yang, game center Dan berbaring-berbaring. Yang mana PADA akhirnya, gaul pada dimensi Remaja Akan menimbulkan Budaya konsumtif.
Yang Patut disayangkan pula bahasa Dari "gaul" kebanyakan Remaja SAAT Suami adalah standart nilainya diambil Bahasa Dari Tradisi Budaya ataupun Cara Hidup 'masyarakat non muslim. Contoh, baju Yang dipakai ITU modelnya harus Sesuai Artikel Baru modus-modus Yang Berkembang di Dunia internasional hanya SAAT Suami. Dan Bisa kitd lihat Pakaian-Pakaian nihil JARANG Sekali ADA Yang cocok Artikel Baru kriteria Pakaian Yang Pantas secara Islam.
Solidaritas Dan kesetiakawanan sering dijadikan Landasan untuk Terjun kedunia hura-hura. Untuk Artikel "setia kawan" ITU pula kebanyakan Remaja MULAI merokok, Keras air minum Gross profit Kamar Rooms, mengonsumsi narkoba, Dan bahkan seks bebas.Kalau regular tidak Ikut kegiatan-kegiatan geng ataupun nongkrong Teman Bisa regular tidak dianggap "setia kawan". Paradigma seperti itulah Yang menggerayangi Pikiran Remaja sebagian Masa tangguhan. Sebenarnya Artikel Baru ITU tindakan mereka telah merusak kemurnian makna bahasa Dari Solidaritas Dan kesetiakawanan ITU Sendiri.
Jika ditinjau lebih Dalam, "gaul" regular tidak Akan menimbulkan dampak yang negatif jika BANYAK standart value per share Yang dipakai untuk mendefinisikan gaul ITU, standart value per share Yang Sesuai Artikel Baru syariat Islam Dan juga Budaya Jakarta timur Yang Penuh Artikel Baru tata krama kesopanan Dan. HANYA Saja, merubah sesuatu Yang sudah mendarah Daging disebagian Remaja SAAT Suami tidaklah Siaran dan hiburan. * Semua ITU memerlukan sinergi Bahasa Dari * Semua pihak, BAIK orangutan Tua, Keluarga, pemuka 'masyarakat, pemerintah, Dan Yang Tak Kalah pentingnya adalah Peran kitd Sendiri sebagai Remaja Yang Akan menjalani Kehidupan Dalam, Bingkai kata "gaul" ITU Sendiri.
2.2 Tujuan Pergaulan * Bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang
Pergaulan juga memiliki tujuan, ANTARA sebagai berikut berbaring:
1)              M encari Identitas Diri .
Seorang Anak bergaul salat satunya adalah untuk MENCARI Identitas Diri KARENA Artikel Baru bergaul Maka Anak ITU dikenali Diposkan oleh Anak berbaring, Dan Bila besarbesaran pergaulannya Ulasan Sangat barisan aritmetik Maka Anak ITU Akan di Kenali lebih BANYAK Diposkan oleh Anak.

2)              M eningkatkan kemampuan Interaksi Artikel Baru sesam a.
Untuk Artikel bergaul kitd Akan sering berinteraksi Artikel Baru orangutan berbaring, Dan jika kitd sering berhubungan Artikel Baru orangutan BANYAK kitd Akan terbiasa untuk bersosialisasi sehingga regular tidak Akan kuper atau pun minder jika berhadapan Artikel Baru Tanggal Gabung orangutan berbaring ataupun di DEPAN BANYAK orangutan, Dan jika kitd kuper Maka Akan ketinggalan berita Dan Akan ketinggalan sesuatu Yang memucat baru Negara.

3)              Sebagai Kebutuhan Hidup.
Seseorang bergaul adalah untuk memenuhi kebutuhan Hidup, KARENA manusia adalah mahluk sisial, sehingga manusia tak dapat Hidup Tanpa orangutan berbaring. Buktinya adalah   sejak lahir Saja kitd membutuhkan orangutan berbaring yaitu orangutan Tua,  SAAT Sekolah kitd juga membutuhkan orangutan berbaring yaitu guru, SAAT meninggal pun untuk menguburnya pun tak luput Bahasa Dari orangutan berbaring, Diposkan oleh itulah seseorang Selalu membutuhkan pergaulan.

4)              Menjalin tali persaudaraan.
Mencari Google Artikel Baru bergaul Maka kitd Akan menjalin tali pesaudaraan Dan jika kitd sering bergaul Maka tali persaudaraan kitd Akan menjadi lebih Erat Dan MANFAAT mempererat tali persaudaraan adalah supaya kitd Tetap Muda Dan juga Panjang umur. 

5)              Menambah Wawasan.
Untuk menambah Wawasan, selain Artikel Baru MENCARI di internet, kitd juga butuh INFORMASI Bahasa Dari Teman, jadi semakin BANYAK Teman Maka Akan semakin BANYAK INFORMASI Yang kitd peroleh, KARENA terkait masih berlangsung bergaul kitd Akan berbicara Artikel Baru orangutan berbaring, Dan Hal Yang dibicarakan ITU dapat kitd jadikan INFORMASI untuk kitd, Dan   berbaring orangutan berbaring pula Hal Yang dibicarakan, Dan terkait masih berlangsung orangutan Pasti membawa INFORMASI BAIK BANYAK maupun sedikit sehingga jika kitd sering bergaul Maka Akan menambah Wawasan Yang kitd miliki.

6)              Menambah Teman.
Untuk Artikel bergaul kitd Akan memiliki BANYAK Teman KARENA Artikel Baru jika bergaul Artikel Baru Satu orangutan Lalu kenal Artikel Baru temannya Dan jika kitd telah terbiasa untuk bergaul Maka kitd Akan menambah BANYAK Teman Dan sehingga pergaulan kitd menjadi barisan aritmetik.

7)              Siaran dan hiburan diakui di kelompoknya.
Jika sering bergaul Teman kitd Akan mengetahui kemampuan atau keahlian Yang arena dank kitd miliki Teman-teman industri tahu jika kitd memiliki kemampuan atau keahlian Dalam, suatu Kepemilikan Modal, Maka kitd Akan Siaran dan hiburan di ajak bergaul atau Siaran dan hiburan di akui Dalam, kelompoknya, KARENA Teman-teman kitd ingin supaya dia juga tertular memiliki kemampuan juga.
2.3        MANFAAT Pergaulan * Bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang
            Adapun MANFAAT pergaulan yaitu:
2.3.1 Ajang memastikan Identitas Diri
Siswa Bisa melihat apakah dirinya yang lumayan tenar di Lingkungan Teman-temannya atau tidak.Sebab, Yang terlibat jalan bareng Teman adalah Anak-anak Yang sudah terpilih di Dalam, per kelompok-nya.Untuk terpilih di Dalam, per kelompok biasanya harus memiliki persyaratan tertentu. Jika Siswa terpilih berarti besarbesaran sudah diterima di Lingkungan rekan kelompok-nya Dan Suami Bisa cara membuat Siswa lebih Percaya Diri. Ia pun Akan lebih memahami Identitas dirinya.
2.3.2 Meningkatkan kemampuan berinteraksi Dan Ikatan pertemanan.
BANYAK Hal Yang Bisa dilakukan SAAT pergi Bersama Teman, mereka Bisa Pinjaman berjangka Pikiran, berbagi , saling membantu, saling mengingatkan, Dan TOTAL. Secara langsung Hal Suami Akan meningkatkan kemampuan Anak Dalam berinteraksi sisial. Kegiatan Suami pun Akan meningkatkan kemampuan Siswa Dalam, Ikatan pertemanannya.
2.3.3 Memenuhi kebutuhan otonomi
SAAT pergi Bersama Teman, seorang Siswa Bisa prabayar bebas menentukan Sendiri Apa Yang besarbesaran mau. Hal inisial membuatnya Senang KARENA SAAT ITU otonominya digunakan Artikel Baru lebih leluasa, bebas Bahasa Dari aturan Yang mungkin menurutnya mengekang.Selama Hal nihil Wajar, regular tidak masalah.
2.3.4 Memperkaya Pengalaman
Pengalaman Siswa terhadap Dunia Luar Akan MENINGKAT. Misalnya, ketika menonton film yang di Bioskop, besarbesaran industri tahu BANYAK INFORMASI Yang di sajikan di Film nihil, ketika Makan di Restoran, besarbesaran jadi industri tahu bahwa MAKANAN di uahu situasi Dan kondisinya Yang begitu Ramai Dan riuh; besarbesaran juga Bisa bertemu Artikel Baru berbagai Karakter orangutan beserta hd dan model yang berbusananya.Ia industri tahu APA Saja Yang Tanggal Gabung tren PADA SAAT ITU, Dan BANYAK Lagi.
2.4 Hubungan Pergaulan d engan Perubahan Perilaku Siswa SMP Negeri 20 Malang
Pergaulan seseorang memiliki hubungan Yang Ulasan Sangat Erat Artikel Baru perubahan perilaku Siswa. KARENA pergaulan mencerminkan SIKAP Dan perilaku Siswa nihil. Jika besarbesaran sering bergaul Artikel Baru orangutan Yang BAIK Maka dia Akan tertular menjadi BAIK juga, tetapi jika AGLOCO bergaul Artikel Baru orangutan Yang regular tidak BAIK Maka meskipun sedikit dia juga Akan tertular regular tidak BAIK. Jadi, pergaulan menumbuhkan Kepribadian atau perilaku Siswa Tergantung Bahasa Dari pergaulan Yang dijalani, jika Yang dijalani adalah pergaulan positif Maka Akan berdampak positif, tetapi jika pergaulan Yang dijalani adalah pergaulan yang negatif Yang Maka Akan berdampak yang negatif juga.
2.5 Perubahan -Perubahan  P erilaku S ISWA SMP Negeri 20 Malang KARENA P engaruh P ergaulan
Perilaku Siswa dapat berubah Sesuai Artikel Baru pergaulan Yang dijalaninya. Adapun bentuk-bentuk perubahan perilaku, ANTARA berbaring berikut sebagai:
Bentuk-bentuk perubahan perilaku akibat pengaruh pergaulan.
1)    Perubahan Alamiah (Natural Ganti)
Perilaku manusia Selalu berubah. Sebagian perubahan ITU disebabkan KARENA Kejadian Alamiah.
2)  terencana perbahan (Planned Ganti)
Perubahan perilaku inisial terjadi KARENA memang direncanakan Sendiri Diposkan oleh subjek.
3)  Kesediaan berubah untuk (Readdiness Ubah)
Apabila terjadi suatu Inovasi atau program Program Pembangunan di Dalam, 'masyarakat, Maka Yang sering terjadi adalah sebagian Ulasan Sangat orangutan CEPAT untuk menerima Inovasi atau perubahan nihil, Dan sebagian orangutan Lagi Ulasan Sangat Lambat untuk menerima Inovasi atau perubahan nihil.


2.6 Dampak P ergaulan * Bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang
Ulasan Sangat Pergaulan berdampak PADA perilaku, KARENA ITU pergaulan seperti ajang MENCARI jati Diri kita.Tetapi terkadang BANYAK Yang salat mengartikan pergaulan.Banyak Yang mengartikan pergaulan sebagai sesuatu Yang negatif.Hal inisial dikarenakan BANYAK juga Yang menyalahgunakan pergaulan, seperti merokok, bebas sex, narkoba pemakaian Dan berbaring-lain.Akan tetapi jika ditelusuri, pergaulan regular tidak HANYA menghasilkan dampak yang negatif tetapi juga Yang dampak positif Yang.
2.6.1 Dampak P ositif P ergaulan * Bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang
Pergaulan merupakan ajang sosialisasi * Bagi individu Dalam, Mengenal Lingkungan sosialnya. Melalui pergaulan, dapat diperoleh dampak positif sebagai berikut Yang:
1)         Lebih Mengenal value per share-value per share Dan norma sehingga s ial Yang berlaku sehingga Mampu membedakan mana Yang Pantas Dan mana Yang regular tidak melakukan sesuatu Dalam,.
2)         Lebih Mengenal Kepribadian masing-masing orangutan sekaligus menyadari bahwa manusia memiliki Keunikan Yang masing-masing Perlu dihargai .
3)         Mampu menyesuaikan Diri Dalam, berinteraksi Artikel Baru BANYAK orangutan sehingga Mampu meningkatka rasa Percaya Diri .
4)         Mampu membentuk Kepribadian Yang BAIK Yang Bisa diterima   di berbagai lapisan 'masyarakat sehingga Bisa Tumbuh Dan Berkembang menjadi Sosok individu Yang Pantas diteladani .
2.6.2 Dampak N egatif P ergaulan * Bagi Siswa SMP Negeri 20 Malang
Pergaulan Yang regular tidak tepat Akan menjerumuskan seseorang Dalam, Jurang kenistaan ​​Dan kehancuran. Memang tidaklah Siaran dan hiburan kecepatan memerlukan, expandabilas pergaulan Yang tepat, sebab kadangkala pergaulan yang negatif Yang justru lebih menyenangkan. Pergaulan semacam inisial lebih mengasyikkan Dan Sulit menyadari bahwa APA Yang dilakukan menyimpang.
Beberapa dampak yang negatif Yang terbentuk akibat pergaulan Yang salat, yaitu sebagai berikut:
1)         Hilangnya Semangat Belajar Dan cenderung malas Dan menyukai Hal-Hal Yang Melanggar norma sehingga s ial .
2)         Suramnya Masa DEPAN akibat terjerumus Dalam, Dunia Kelam, misalnya: narkoba kecanduan, terlibat Dalam, Pemberantasan Tindak k riminal Dan sebagainya .
3)         dijauhi 'masyarakat sekitar KARENA perilaku regular tidak Sesuai Artikel Baru value per share / norma sisial Yang berlaku .
4)         Tumbuh menjadi Sosok individu Artikel Baru Kepribadian Yang menyimpang.
5)         Sering melakukan Hal-Hal Yang negatif

2.7 Cara M engatasi D ampak N egatif P ergaulan
Ibarat orangutan Yang terlanjur Sakit atau terserang penyakit, tidaklah Siaran dan hiburan mengembalikan situasi seperti semula.Tindakan PENGOBATAN atau Terapi Yang Terus menerus diperlukan untuk mengembalikan kondisi Pribadi Yang terlanjur menyimpang akibat pengaruh pergaulan yang negatif.
Berikut adalah Hal-Hal Yang dapat dilakukan untuk mengatasi pengaruh yang negatif:
1)    Membakitkan kesadaran kepada Yang bersangkutan bahwa APA Yang telah besarbesaran lakukan adalah menyimpang. Kadangkala perilaku menyimpang regular tidak menyadari bahwa APA Yang telah besarbesaran salat lakukan. Jika Bahasa Dari Yang bersangkutan belum ADA kesadaran bahwa APA Yang dilakukan selama inisial keliru adalah sia-sia. Misalnya, Anak Yang regular tidak menyadari bahwa merokok ITU regular tidak BAIK * Bagi kesehatannya Akan Sulit untuk diarahkan agar menjauhi ROKOK besarbesaran.
2)    Memutuskan Rantai Yang menghubungkan individu ANTARA Artikel Baru Lingkungan Yang menyebabkan besarbesaran berperilaku menyimpang. Hal Suami dapat dilakukan Artikel Baru memindahkan individu nihil Bahasa Dari Lingkungan pergaulannya Dan membawa Ke kancah pergaulan baru Negara. Hal Suami tidaklah Siaran dan hiburan, sebab kadangkala Yang bersangkutan regular tidak Mampu menyesuaikan Diri di TEMPAT lingkungannya Yang baru Negara atau justru baru Negara Lingkungan Yang regular tidak Mampu menerimanya.
3)    Melakukan Pengawasan melakat sebagai kontrol secara Terus-menerus agar terhindar Anak Bahasa Dari perilaku menyimpang Yang. Pengawasan harus dilakukan Diposkan oleh orangutan Yang disegani, sehingga Anak regular tidak mengulangi perbuatannya Berani Yang salat.
4)    Melakukan kegiatan Konseling atau pemberian nasihat secara persuasif, sehingga Anak regular tidak merasa bahwa besarbesaran DIBAWAH alt Proses pembimbingan. Melibatkan Anak Dalam kegiatan keagamaan Sesuai Artikel Baru keyakinan Yang besarbesaran anut merupakan salat Satu Cara Yang dapat dilakukan untuk membuka pikitan Anak mengenai APA Yang BAIK Dan Apa Yang buruk.

2.8 Hasil A ngket tentang P engaruh P ergaulan terhadap P erubahan P erilaku S ISWA SMP N egeri 20 Malang
            Berdasarkan penyebaran angket tentang pengaruh pergaulan terhadap perilaku Siswa PADA aceh Kamis, 19 Desember 2013 Penulis memperoleh data yang sebagai berikut.
Bahasa Dari Hasil pertanyaan PERTAMA yaitu apakah A nda HANYA bergaul Artikel Baru Teman Satu Sekolah Saja? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisi angket, 6% menjawab ya, 86% menjawab regular tidak, Dan 8% menjawab ragu-ragu. Apakah A nda termasuk Siswa Yang pandai bergaul? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisi angket, 57% menjawab ya, 10% menjawab regular tidak, Dan 33% menjawab ragu-ragu. Apakah pergaulan ITU menguntungkan * Bagi A nda? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisi angket, 85% menjawab ya, 3% menjawab regular tidak, Dan 12% menjawab ragu-ragu. Apakah pergaulan ITU merugikan * Bagi A nda? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisis angket, 5% menjawab ya, 76% menjawab regular tidak, Dan 19% menjawab ragu-ragu. Apakah A nda Bisa Hidup Tanpa bergaul? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisis angket, 11% menjawab ya, 77% menjawab regular tidak, Dan 12% menjawab ragu-ragu.
Bahasa Dari Hasil pertanyaan Apakah bergaul merupakan suatu kebutuhan * Bagi An da? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisi angket, 62% menjawab ya, 9% menjawab regular tidak, Dan 29% menjawab ragu-ragu. Apakah A nda Bangga apabila pergaulan nama dan Kembali barisan aritmetik? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisi angket, 68% menajawab ya, 14% menjawab regular tidak, Dan 18% menjawab ragu-ragu. Apakah A nda Bisa membedakan pergaulan positif Dan yang negatif? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisi angket, 87% menjawab ya, 1% menjawab regular tidak, Dan 12% menjawab tidak.Apakah pergaulan A nda sekarang sudah termasuk positif? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisi angket, 66% menjawab ya, 2% menjawab regular tidak, Dan 32% menjawab regular tidak. Apakah Teman A nda sering mengajak A nda untuk merokok? Bahasa Dari 100 Siswa Yang mengisi angket, 5% menjawab ya, 87% menjawab regular tidak , Dan 8% menjawab ragu-ragu. Apakah A nda sering menrima ajakan Teman nama dan Kembali untuk merokok? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 2% menjawab ya, 89% menjawab regular tidak, Dan 6% menjawab ragu-ragu. Apakah An da sering merokok Artikel Baru Teman? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 5% menjawab ya, 88% menjawab regular tidak, dan 7% menjawab ragu-ragu.
Bahasa Dari Hasil pertanyaan Apakah perilaku A nda terbentuk KARENA pengaruh pergaulan? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 46% menjawab ya, 19% menjawab regular tidak, Dan 35% menjawab ragu-ragu. Apakah A nda Selalu selektif Dalam, bergaul? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 73% menjawab ya, 7% menjawab regular tidak, 20% menjawab ragu-ragu. Apakah orangutan Tua Selalu membatasi pergaulan A nda diluar Sekolah? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 48% menjawab ya, 39% menjawab regular tidak, 13% menjawab ragu-ragu.
Bahasa Dari Hasil pertanyaan Apakah bergaul Artikel Baru orangutan lebih DEWASA dapat mempengaruhi perilaku A nda ? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 58% menjawab ya, 10% menjawab regular tidak, 32% menjawab ragu-ragu. Apakah bergaul Artikel Baru Siswa Berprestasi dapat mengubah perilaku A nda? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 88% menjawab ya, 5 % menjawab regular tidak, 7% menjawab ragu-ragu. Apakah bergaul Artikel Baru Teman Yang kurang Motivasi Belajar dapat merubah perilaku A nda? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 58% menjawab ya, 23% menjawab regular tidak, 19% menjawab ragu-ragu.
Bahasa Dari Hasil pertanyaan   Apakah bergaul Artikel Baru Teman Yang mematuhi tata tertib dapat merubah perilaku A nda? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 82% menjawab ya, 8% menjawab regular tidak, 10% menjawab ragu-ragu. Apakah Lingkungan sekitar TEMPAT tinggal dapat mempengaruhi perubahan ? d ari 100 Siswa Yang mengisi angket, 74% menjawab ya, 11% menjawab regular tidak, 15% menjawab ragu-ragu.


0 komentar:

Posting Komentar