Sabtu, 08 Februari 2014

Posted by Unknown On 19.18
BAB I
PENDAHULUAN
Dalam bab ini penulis memaparkan sub bab-sub bab yaitu (1) latar belakang, (2) ruang lingkup, (3) pembatasan masalah, (4) rumusan masalah, (5) tujuan penelitian, (6) manfaat penelitian, (7) anggapan dasar dan hipotesis, (8) sumber data dan metode

1.1    Latar Belakang
Tahukah Anda dampak pergaulan terhadap perilaku siswa? Pergaulan yang terdapat pada lingkungan masyarakat sangat berpengaruh terhadap perilaku siswa. Oleh karena itu ketika lingkungan bergaul siswa dengan orang-orang yang jahat, maka lama kelamaan siswa yang baik itu bisa menjadi jahat. Sebaliknya apabila ia selalu bergaul dengan orang-orang yang baik, maka lama kelamaan bisa menjadi orang 
yang lebih baik lagi.

Kebanyakan orang salah berpendapat bahwa faktor pokok yang mempengaruhi perilaku siswa hanya dari sekolah. Padahal jika mau berfikir yang jernih dan obyektif, lingkungan, teman bergaul, orang tua dan keluarga sangat mempengaruhi di dalam perilaku siswa tersebut.
Siswa dengan lingkungan keluarga yang tidak harmonis, masalah pergaulan anak kurang mendapat perhatian dari orang tua,  juga dapat menyebabkan kemungkinan mereka berperilaku burukSiswa yang hidup dalam keluarga kacau dan tidak harmonis tersebut, biasanya akan kurang mendapat perhatian dan kasih sayang dari orang tua.
Namun berbeda dengan keadaan keluarga yang harmonis, pergaulan anak atau siswa tersebut akan lebih banyak diperhatikan, sehingga kemungkinan besar pola pergaulan sehat yang akan dijalani oleh anak atau siswa tersebut. Situasi tersebut akan langsung berdampak positif pada kelangsungan prestasi belajar siswa dalam sekolah.
Perilaku yang tercermin dalam tindakan siswa saat ini sangat dipengaruhi oleh peran lingkungan sebagai pembentuk pola pikir  psikologi kaum pelajar. Siswa melakukan berbagai tindakan didasari oleh pembentukan kepribadiaan yang di latar belakangi perkembangan.
Lingkungan tempat bersosialisasinya walaupun pada intinya perkembangan psikologi sosial tergantung pada bagaimana pelajar memberikan respon terhadap lingkungan. Oleh karena itu penulis ingin menganalisis dan membahas mengenai dampak pergaulan terhadap perilaku siswa dengan semaksimal mungkin agar dapat digunakan pembaca untuk memahami berbagai jenis pergaulan dan dampak pergaulan itu sendiri.
1.1    Ruang Lingkup
Sesuai dengan judul Karya Tulis, Pengaruh Pergaulan Terhadap perilaku Siswa SMP Negeri 20 Malang. Maka yang menjadi ruang lingkup penulisan karya tulis ini adalah sebagai berikut :
                 Pergaulan adalah interaksi antar individu dalam mengenal lingkungan sosialnya, bisa bersifat luas yakni pergaulan dengan banyak orang atau sering bergaul dengan orang lain. Pergaulan yang sehat ialah pergaulan yang mengarah kepada pembentukan yang sesuai dengan nilai dan norma sosial, kesusilaan dan kesopanan yang berlaku.
                 Etika pergaulan adalah sopan santun atau tata krama dalam pergaulan yang sesuai dengan situasi dan keadaan serta tidak melanggar norma-norma yang berlaku baik norma agama, kesopanan, adat, hokum dan lain- lain.
                 Dunia bergaul identik dengan dunia remaja pada umumnya. Sering kita dengar istilah “kuper” atau kurang pergaulan. Remaja dianggap kuper apabila remaja tersebut kurang  atau bahkan kemungkinan sekali tidak pernah bergaul. Setidaknya kita bergaul dengan teman-teman sebaya, di sekolah maupun diluar sekolah.Sehingga jika kita tidak  bergaul akan ditertawakan karena ketinggalan berita.
                 Dalam bergaul, sebaiknya kita juga sebaiknya pandai menempatkan diri dan dapat membedakan bagaimana sikap kita terhadap orang yang lebih tua dan yang lebih muda.Orang yang lebih tua atau yang dituakan harus kita hormati, yang sebaya harus dihargai dan yang lebih muda harus kita sayangi.
                 Pengaruh dari pergaulan ada dua, yaitu perngaruh positif dan negatif    pengaruh positif dari pergaulan adalah, Lebih mengenal nilai-nilai norma yang berlaku dalam masyarakat, lebih mengenal kapribadian masing-masing orang, mampu menyesuaikan diri dalam berinteraksi dengan banyak orang sehingga mempu meningkatkan percaya diri, mampu membentuk kepribadian yang baik yang dapat diterima di berbagai lapisan masyarakat. Dan dampak negatif dari pergaulan adalah hilangnya semangat belajar dan cenderung untuk berbuat hal yang negatif, seramnya masa depan akibat dari pergaulan yang salah dan dijauhi masyarakat. 
    
1.3       Pembatasan Masalah
            Berdasarkan ruang lingkup di atas maka pembatasan masalahnya antara lain sebagai berikut:
            1.3.1    Pengertian pergaulan.
            1.3.2    Tujuan pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
            1.3.3    Manfaat pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.3.4    Hubungan pergaulan dengan perubahan perilaku siswa
SMP Negeri 20 Malang.
1.3.5    Perubahan-perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang
            karena pengaruh pergaulan.
1.3.6    Dampak pergaulan bagi siswa SMP Negri 20 Malang.
1.3.6.1 Dampak positif pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.3.6.2 Dampak negatif pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.3.7    Cara mengatasi dampak negatif pergaulan.
1.3.8   Hasil angket tentang pengaruh pergaulan terhadap perilaku siswa
            SMP Negeri 20 Malang.
1.4       Rumusan Masalah
Berdasarkan pembatasan masalah diatas maka rumusan masalahnya antara lain sebagai berikut
1.4.1    Apakah pengertian pergaulan ?
1.4.2    Apakah tujuan pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang?
1.4.3    Apakah manfaat pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang?
1.4.4    Bagaimana hubungan pergaulan dengan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang ?
1.4.5    Apa sajakah perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang
            karena pengaruh pergaulan ?
1.4.6    Bagaimana dampak dari pergaulan ?
1.4.6.1 Bagaimana dampak positif pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang?
1.4.6.2 Bagaimana dampak negatif pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang?
1.4.7    Bagaimana cara mengatasi dampak negatif pergaulan? 
1.4.8    Bagaimana hasil angket tentang pengaruh pergaulan terhadap
            perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang ?
1.5       Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas, tujuan penelitian dibedakan menjadi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus.
1.5.1 Tujuan Umum
Tujuan umum dari penulisan karya tulis ini adalah Mendeskripsikan pengaruh pergaulan terhadap perubahan perilaku siswa SMPN 20 Malang
1.5.2 Tujuan Khusus
1.5.2.1 Mendeskripsikan pengertian pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.5.2.2 Mendeskripsikan tujuan pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.5.2.3 Mendeskripsikan manfaat pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.

1.5.2.4 Mendeskripsikan hubungan pergaulan dengan perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.5.2.5Mendeskripsikan perubahan perilaku siswa SMP Negeri 20Malang karena pengaruh pergaulan.
1.5.2.6 Mendeskripsikan dampak pergaulan
1.5.2.6.1 Mendeskripsikan dampak positif pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.5.2.6.1 Mendeskripsikan dampak negatif pergaulan bagi siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.5.2.7 Mendeskripsikan cara mengatasi dampak negatif pergaulan.
1.5.2.8 Mendeskripsikan hasil angket tentang pengaruh pergaulan terhadap perilaku siswa SMPN 20 Malang.
1.6  Manfaat penelitian
            Dalam pembuatan karya tulis ini mengandung nilai praktis dan bermanfaat bagi :
1.6.1 Bagi Lembaga SMP Negeri 20 Malang
1)   Memberikan informasi tentang pengaruh pergaulan terhadap perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang yang nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk memperbaiki pengaruh pergaulan terhadap perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang.
2)   Memberikan informasi kepustakaan sebagai bahan bacaan siswa SMP Negeri 20 Malang,untuk pengetahuan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
3)   Sebagai bahan pertimbangan untuk mengetahui kesulitan   belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.
1.6.2 Bagi Guru
1)   Sebagai pengetahuan untuk mendidik siswa-siswi nya.
2)   Memberikan informasi untuk mengarahkan siswa-siswi nya dalam bergaul.
1.6.3 Bagi Orang Tua
1)   Sebagai wawasan untuk membentuk kepribadian anak.
2)   Sebagai informasi untuk mengarahkan anaknya supaya tidak terjerumus kedalam pergaulan yang negatif.
1.6.4 Bagi Penulis
1)   Untuk memperoleh pengalaman praktis dalam menyusun karya tulis.
2)    Sebagai pengalaman di bidang pembuatan karya tulis yang sama serta yang relevan dengan keilmuan bidang studi Bahasa Indonesia.
3)    Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional.

1.7 Anggapan dasar dan Hipotesis
            1.7.1 Anggapan dasar
                        Dari hipotesis yang penulis ajukan ternyata sangatlah akurat dengan anggapan dasar,dan anggapan dsar tersebut yaitu, bahwa  pergaulan sangatlah berpengaruh terhadap perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang, pengaruh dari pergaulan dapat bersifat positif maupun negatif. Pengaruh tersebut tergantung pada pergaulannya sendiri, jika ia bergaulnya dengan siswa yang berprestasi, siswa yang rajin, dan siswa yang berperilaku baik lainnya, maka perilakunya akan tertular sama baiknya, sebaliknya, jika ia bergaul dengan siswa yang sering melanggar tata tertib, siswa yang malas, dan siswa yang termasuk kurang baik lainnya, maka perilaku nya akan tertular menjadi kurang baik   
            1.7.2 Hipotesis
Sesuai dengan tujuan dan rumusan masalah, penulis mengajukan hipotesis  yaitu :
Adanya pengaruh pergaulan terhadap perilaku  siswa SMP Negeri 20 Malang pengaruh tersebut bisa dampak positif maupun negatif tergantung pada pergaulannya.

 1.8 Sumber Data dan Metode
            1.8.1 Sumber Data
Berdasarkan data yang penulis ambil selama penulisan karya tulis ini,  penulis mengambil data dari internet yang melputi sebagai berikut :
                        1.8.1.1http://jbkderry.wordpress.com/tag/manfaat-pergaulan
Pada Jumat, 3 Desember 2013, pukul 13.06 WIB
Pada Jumat, 3 Desember 2013, pukul 13.20 WIB
1.8.1.3 Adiyusuf2.blogspot.com
Pada Jumat, 3 Desember 2013, pukul 13.45 WIB
1.8.1.3.4 Google.com
Pada Sabtu, 4 Desember 2013, pukul 12.00 WIB
            1.8.2 Metode
1.8.2.1 Wawancara
Untuk mencari informasi, dalam penulisan karya tulis ini kami melakukan wawancara  kepada narasumber yaitu Ibu Nurul Sri Rejeki selaku guru Pendidikan Kewarganegaraan dan Dedy Ari Sandi selaku siswa kelas 9E Pada tanggal 20 Desember 2013.
1.8.2.2 Angket
                        Dalam penulisan karya tulis ini, penulis juga menyebarkan angket kepada siswa SMP Negeri 20 Malang Pada tanggal 19 Desember 2013.
1.8.2.3 Observasi
                        Penulis juga melakukan observasi langsung dengan cara mengambil gambar yang berkaitan dengan penulisan karya tulis ini. 







0 komentar:

Posting Komentar